Internet of Things: Good or Evil? (Bag.2)


26 Nov 2014

The Evil

Namun selain berbagai kemudahan yang dijanjikan, kita juga wajib mewaspadai resiko yang menyertai Internet of Things ini, setidaknya ada tiga resiko besar, yaitu:

1. Privacy Intrusion

Dengan berbagai embedded device yang menyertai hidup kita yang terus menerus mengirimkan data melalui internet tentang segala aktivitas kita, menjadikan diri kita bagai 'buku terbuka' bagi banyak pihak yang mungkin punya kepentingan. 

Contoh kecil saja, melalui analisa terhadap perilaku posting kita di media sosial, Facebook atau Google bisa menyimpulkan preferensi kita, lalu menawarkan iklan yang sudah di personalisasi di laman yang sedang kita lihat. 

Jadi bayangkan apa yang bisa ditawarkan jika seluruh data terkait aktivitas kita sejak bangun tidur hingga tidur lagi terekspos di internet. Bahkan data pola tidur kita pun bisa dianalisa untuk menjadi bahan jualan pihak lain. 

2. Security

Kita tentu masih ingat dengan virus stuxnet, yang melalui jaringan internet bisa mencari reaktor nuklir Iran untuk kemudian menginfeksinya. Dengan keterhubungan yang jauh lebih luas tentu akan menjadi ladang untuk munculnya virus/worm semacam itu, yang mungkin targetnya bisa jadi personal. 

Pembunuhan mungkin bukan lagi dilakukan oleh kriminal bersenjata, tapi bisa jadi oleh seorang hacker yang masuk ke dalam sistem autonomous mobil targetnya, lalu membuat remnya tidak berfungsi atau mengacaukan sistem elektriknya.

3. Too many complexities

Dengan sistem yang belum terlalu online seperti sekarang, kegagalan di satu sistem bisa kita isolasi untuk tidak langsung berpengaruh kepada sistem lain. Tetapi di dalam sistem yang saling terhubung dan saling tergantung, maka kegagalan di satu sistem akan memicu reaksi berantai yang sifatnya bisa katastrofik. Atau misalnya ada gangguan catuan listrik untuk satu daerah tertentu, akan sangat mungkin mengganggu sistem dalam jangkauan luas wilayah yang jauh lebih luas.

Internet of Things menjanjikan hal-hal yang luar biasa, lebih besar dari social network, yang mungkin bisa menjadi evolusi lebih lanjut dari kehidupan kita sebagai umat manusia. 

Dan seperti juga kehadiran internet 20 tahun lalu, Internet of Things akan menjadi gelombang yang tidak bisa ditahan yang pada akhirnya akan kembali kepada kita bagaimana meregulasi dan memanfaatkanya dengan bertanggung jawab sehingga resikonya bisa diminimalkan dan manfaatnya bisa dimaksimalkan.

Atau seperti sering disebut dalam film superhero: 'Great power comes with Great Responsibilities'.

PT Codephile Rekadaya Mandiri

Gedung Nindya Karya, Lt 4 R.407
Jl. Letjen MT Haryono Kav 22
Jakarta 13630 - Indonesia
Telp : 021 8087 3300

Email: info@codephile.com